Knalpot blombongan berbahaya untuk motor benarkah?

Knalpot blombongan menjadi komsumsi wajib saat pesta demokrasi, menandakan saat ini dunia modifikasi motor menjadi semakin menggila. Tidak hanya bagian speednya yang diubah, tapi bagian komponen motor lainnya juga diubah. Seperti modifikasi knalpot motor yang kerap kali banyak ditemui saat moment pesta demokrasi. 

knalpot blombongan menyebabkan kerusakan pada motor jika tidak tepat

Tapi benarkah knalpot blombongan tetap aman untuk motor atau justru merusak motor?

Biasanya motor itu sudah disetting dengan komponen yang sesuai dengan pabrikan. Jadi apabila kita mengubah satu komponennya saja akan berpengaruh pada komponen motor yang lainnya.
Baca Juga : 7 Akibat dari knalpot yang bocor ! ngerri….!!

Lalu bagaimana ? Apakah benar berpengaru pada performa mesin?

Knalpot bobokan adalah knalpot standar bawaan motor yang silensernya dimodifikasi agar lebih plong. Jadi keluarnya udara dari exhaust, tenaga yang dihasilkan jadi lebih enak dengan kondisi leher knalpot standar,” kata pemilik bengkel Vidici Tire Shop, Ucok Marbun, di Vidici Tire Shop, Jl. H. Asnawi No. 23, Beji, Depok, Senin (2/4)

Kemudian menurut beliau lagi, bahwa knalpot blombongan hanya sedikit mempengaruhi performa mesin apabila leher knalpotnya masih standar.

Jadi apabila anda ingin mengganti leher knalpotnya anda juga harus menyesuaikan mesinnya. Lebih enaknya anda menggunakan knalpot blombongan hanya pada mesin yang standar, karena kalo diterapkan pada motor yang sudah di bore up maka resikonya motor akan mengalami ngempos lebih tinggi.
Baca juga : 4 tips poles blok mesin supaya tidak Aus

Apabila motor udah ngempos maka motor akan lebih boros

Lalu bagaimana kalo Anda ingin menggunakan knalpot blombongan pada motor bore up?

Lakukan perhitunganlah dengan baik.

Di dalam knalpot ada in dan outnya yaitu in dari keluar mesin, exhaust-nya, masuk ke in silenser. Dari silenser sendiri, baru out atau benar-benar keluar plong. Nah itu mesti harus ada penyesuaikan.

Nah kalau motor bore up, bukan hanya kondisi leher besar saja, tekukan saja berpengaruh. Kebanyakan orang itu mencari knalpot dulu baru main mesin. “Sebenarnya itu kebalik. Yang benar itu main mesin dulu baru knalpot, jadi sesuai,” menurut Ucok marbun

Jadi buat Anda yang mau memodifikasi motor kuasai skill modifikasi, misalnya dengan skill korternya. Mau tambah skill korter sekarang? GRATIS mess dan GRATIS makan siang, hubungi 0822-9804-9804

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *