Benarkah memasukan oli ke dalam lubang busi bisa memperbaiki kompresi?

Mitos atau fakta ?

Tergantung tingkat keparahan dari kompresi itu sendiri gan
Kalau kompresi hanya pada stadium loss kompresi ringan atau tidak ada tekanan sama sekali dari piston dan hanya terjadi sementara maka bisa dengan memasukan oli mesin ke ruang bakar lewat lubang busi.  Tetapi jika terjadinya loss kompresi masuk pada stadium berat atau bahkan sudah terjadi kebocoran kompresi, maka Anda harus melakukan bongkar mesin atas dengan melakukan skir klep dan penggantian pada sil klep dan part-part lainnya.

Lalu Apa sih penyebab dari loss kompresi dan kebocoran kompresi?
1. Klep in dan ex bocor
Terjadi karena adanya kerak karbon yang menumpuk sehingga lubang klep akan dititupi kerak karbon, kondisi ini menyebabkan payung klep (valve) tidak akan tertutup dengan sempurna didudukan klep (lubang klep). 

2. Piston dan silinders comp rusak
Kerusakan pada piston dan silinders comp rusak ini yang biasa terjadi pada motor 4 tak dan menyebabkan terjadinya asap putih. Kerusakan ini disebabkan oleh oli mesin yang seharusnya tidak masuk ke ruang bakar tapi justru masuk ke ruang bakar. 

3. Ring piston sudah mulai Aus
4. Ukuran Stelan klep yang terlalu rapat

Anda harus berhati-hati dalam melakukan menyetel klep, klep motor ayng terlalu longgar akan menyebabkan noise dan jikalau pengaturan klep terlalu rapat akan menyebabkan kebocoran kompresi.

Nah setelah Anda mengetahui penyebab loss kompresi dan bocornya kompresi. Anda juga bisa mengetahui ciri-ciri bocornya kompresi. Ada yang tahu apa ciri-cirinya? Komen aja gan  dan jangan lupa ikuti kursus korter yang akan membuat Anda semakin grow kariernya karena skill korter adalah skill yang banyak dicari.
Langsung hubungi ke WA : 0822-9804-9804 

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *