Kaca spion selamatkan anda saat berkendara

kaca spion

Kaca spion sudah masuk ke dalam peraturan lalu lintas dan akan dikenai denda apabila melanggar tidak adanya komponen ini dalam kendaraan. Tetapi sayangnya peraturan ini justru dijadikan petak umpet dengan polisi untuk menghindari tilang.

Atau…. yang lebih uniknya itu modifikasi spion semakin menjamur. bukan untuk kepentingan keselamatan tetapi untuk kepentingan modif semata.

Lalu bagaimana dampaknya?

Tidak ada terus selamat tanpa mengindahkan aspek pendukung keselamatan setiap hari.

Memperhatikan aspek keselamatan itu penting. Misalnya dengan melengkapi komponen motor yang sangat erat kaitannya dengan safety bukan justru sengaja membuangnya hanya karena kepentingan gaya gayaan atau modif.

Modif boleh tapi keselamatan itu jauh lebih penting. Apalagi seorang pengendara yang tentunya akan berkaitan erat dengan pengendara lainnya. Jadi tidak menutup kemungkinan jika satu orang kecelakaan akan menyebabkan pengendara lainnya celaka.

Hal ini dibuktikan dengan banyak warta kecelakaan beruntun.

Menyikapi kasus tersebut, saya miris dengan kabar kaca spion yang sering tidak ditemui atau bahkan tidak digunakan saat berkendara. 
Baca juga : Knalpot blombongan berbahaya untuk motor benarkah?

Jangan salahkan saya, jika anda terpeleset atau jatuh mendadak hanya karena menengok kebelakang memastikan aman. 

Sebetulnya menengok kebelakang justru mempunyai resiko kecelakaan lebih besar, selain membuat pengendara di belakang anda kaget juga akan membuat anda hilang keseimbangan saat berkendara.

Baca juga : Oversize piston gak rapi bikin lemot kecepatan motor

Berikut fungsi spion :
1. Menjaga body kendaraan
2. Mencegah terjadinya tindak kriminalitas
3. Menjadi bantuan saat mau berbelok
4. Menjadi mata bantuan saat parkir paralel
5. Membantu anda merapikan diri

Mengingat pentingnya kaca spion,berdasarkan Undang undang no 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 285 ayat 1, pengendara akan ditilang atau didenda sebesar Rp 250 ribu jika kendaraannya tidak dilengkapi kaca spion. 

Nah buat anda yang hobby oprek motor jangan sesekali memotong komponen kaca spion. karena memang fungsinya banyak banget dan penting untuk keselematan anda.
yuk CEK IN Tips hobby oprek motor yang menghasilkan jutaan.

#BAGIKAN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *